Rabu, 23 Oktober 2013

Peraadaban Asal Daerah Gue

Gresik, Jawa Timur






Gresik adalah asal daerah saya, kalu uda perna main kedaerah Gresik pastinya gak perlu disebutin lagi uda faham apa saja yang paling agk enak tinggal disana. hehehe tentu saja karena kepadatannya atau orang gresik sendiri menyebut GRESIK SUMPEK dan itu sampai uda ada komunitasnya sendiri. pada saat ini terbesar di Gresik. gresik adalah kota industri oleh karena itu tidak heran lagi kalu daerah ini sangat panas sekali seperti daerah tetangga yaitu Surabaya. didaerah Gresik saja banyak sekali pabrik besar yang beroperasi disana mulai Semen Gresik, Petrokimia Gresik, Nippon Paint, BHS-Tex, Industri perkayuan/ Plywood dan Maspion.


Tentu saja bukan hanya itu tapi masih banyak perusahaan lain yang ada di Gresik, oleh karena itu lah perkembangan di daerah saya ini pesat banget. tapi dampaknya ya itu tapi polusi jadi dimana-mana dan membuat lingkungan menjadi padat karena banya aktivitas pekerja, orang-orang perantauan dll.

Namun keindahan kota Gresik bukan hanya kesumpekannya dan pabriknya saja. namun juga masyarakat dan budayanya yang kental. karena gresik sendiri sudah menjadi pemukiman dan peradaban yang maju sejak abad ke 14, sehingga tidak heran kalau uda masuk kota Gresik banyak sekali bangunan-bangunan lama yang masih berdiri dan itu masih terawat sebagai peninggalan sejarah. dari sisi religius pun dapat, Gresik andilnya dalam perkembangan islam di indonesia sangat lah besar contohnya saja tidak lepas dari kehidupan para wali songo yaitu Maulana Malik Ibrahim, Sunan Giri, Sunan Prapen dan tokoh-tokoh besar lainnya yang andilnya dalam perkembangan islam di jawa. dan karena Gresik adalah daerah pesisir tentu saja terdapat pantai yang indah seperti yang dijadikan sebagai wisata pasir putih yang terdapat di dlagan-Gresik. kalu ngomongin daerah asal tentunya tidak lupa dengan makanan khasnya dan Gresik ini memiliki makanan khas yang sudah tidak asing lagi di indonesia yaitu otak-otak bandeng, nasi krawu dan pudak. tiga makanan ini menjadi maskot makanan khas Gresik. yang harus dicoba bila mampir ke Gresik. masih ada juga pulau kecil di Gresik yaitu bawean yang menyimpan potinsi wisata juga, bahkan ada binatang khas dari daerah bawean yaitu rusa bawean.. siip kan.. (y)
ini sedikit gambar dan video dari gresik, mungkin bisa menarik anime agan-agan semua untuk datang. hehehe




Tidak ada komentar:

Posting Komentar